:: Zona Teknologi ::

Zona Teknologi

Zona Teknologi

Blog yang berisi informasi teknologi serta informasi tentang diriku

 
IP Address

Shoutbox
Counter
Page Rank
Blog Directory
Powered by  MyPagerank.Net TopOfBlogs
Calendar
td>
Recent Comment
Update Offline Antivirus
Banner
Microsoft Office 2007
Rabu, September 13, 2006
Microsoft Office, sudah dipastikan Anda sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Setelah era DOS berakhir dan mulai digantikan dengan Windows, Microsoft Office mulai dikenal oleh masyarakat menggantikan Wordstar dan Lotus 1-2-3 yang kala itu menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengguna PC.

Microsoft mengembangkan Office untuk bisa dipakai secara multi-platform. Platform operating system yang didukung oleh Office adalah Microsoft Windows OS dan Apple Macintosh OS. Untuk kali pertama Microsoft Office resmi dipasarkan pada tahun 1990 untuk platform Apple Macintosh dan baru pada tahun 1992 muncul versi Offi ce untuk Microsoft Windows-nya.

Pada versi pertama Office, hanya ada tiga aplikasi yang disertakan di dalamnya, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Setelah Sesudah Microsoft mengumumkan akan diluncurkannya Windows Vista, bersamaan dengan itu secara mengejutkan Microsoft juga mengumumkan peluncuran Microsoft Office 2007 yang tadinya dikenal dengan Office 12.

Apa saja fitur dan fungsi baru yang dimiliki oleh Microsoft Office 2007? Dalam perkembangan selanjutnya, Microsoft office menyertakan fitur-fitur baru seperti OLE Data Integration dan mulai menggunakan scripting language dengan Visual Basic for Application.

Memang tidak dapat dipungkiri, secara tidak tertulis Microsoft office saat ini adalah Offi ce Suite yang paling banyak dipakai dan dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia dan menjadi standar untuk beberapa pekerjaan, seperti Word Processing (MS-Word), Spreadsheet (MS-Excel), dan Presentation Document (MS-PowerPoint). Namun Office Suite dari Microsoft ini masih mempunyai pesaing berat, yaitu dari IBM dengan StarOffice, Corel dengan Corel WordPerfect, dan yang saat ini sedang banyak dibicarakan oleh orang sebagai The Real Contender (penantang terberat) bagi Microsoft office yaitu OpenOffi ce.org.

Kenapa OpenOffice.org dikatakan sebagai penantang terberat? Karena Office Suite yang ditawarkan oleh OpenOffice.org tidak kalah dengan Microsoft office. Hampir semua fitur dan tools yang ada di dalam Mirosoft Office ada di dalam OpenOffice.org. Begitu juga dengan sisi kemudahan penggunaan dan user interface-nya yang juga bisa dibilang cukupuser friendly.

Meskipun harus diakui untuk hal tersebut OpenOffice.org masih berada satu tingkat di bawah Microsoft Office.Selain itu, lisensi dari OpenOffice.org yang bersifat open source dan gratis untuk di-download, dikembangkan, dan didistribusikan secara bebas, membuat Office Suite yang satu ini memang layak disebut sebagai penantang terberat dari Microsoft Office.

Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini adalah Office 2000, Offi ce 2002 atau yang lebih dikenal dengan Office XP, dan Office 2003. Dalam kurun waktu tiga tahun sejak Office 2003 diluncurkan, Microsoft mulai melakukan pengembangan terhadap Office Suite tersebut.

Waktu pengembangan yang cukup lama, jika melihat sejarah Microsoft yang selalu meluncurkan versi Offi ce yang berbeda dalam tiap satu atau satu setengah tahun, baik Office yang digunakan untuk platform Windows maupun Apple Macintosh.
Dan pada Februari 2006 lalu, secara resmi Microsoft mengumumkan Office Suite terbaru mereka, yaitu Microsoft Office 2007 yang tadinya mempunyai nama resmi Microsoft Office 12. Rencananya Microsoft akan meluncurkan secara resmi MicorosoftOffice 2007 pada akhir tahun 2006 ini.

diblog ini akan menghadirkan preview dari Microsoft Office 2007 beta2. Preview kali ini akan lebih fokus membahas fitur, fungsi, dan tools baru dari Office Suite ini secara garis besarnya saja, namun cukup membantu dan memberi gambaran kepada Anda apa yang ada di dalam Microsoft Office 2007 ini.

Dalam kurun waktu tiga tahun, sejak Office 2003 diluncurkan, Microsoft dengan konsisten melakukan pengembangan, baik pengembangan terhadap user interface (UI), fitur, fungsionalitas, dan tools tambahan terhadap Office Suite andalan mereka tersebut.

System Requirement Setiap aplikasi pasti membutuhkan spesifikasi kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Microsoft Office 2007 beta 2 memerlukan spesifikasi, antara lain operating system Microsoft Windows XP (SP2) dan Microsoft Windows Server 2003 atau yang lebih tinggi. Office 2007 juga bisa berjalan pada Windows Vista, tetapi khusus untuk Windows Vista versi beta 2. Processor yang diperlukan minimal 500 MHz atau yang lebih tinggi, 256 MB RAM, dan DVD Drive (optional).

Jika Anda ingin menjalankan Microsoft Office Outlook 2007 with Business Contact Manager, disarankan Anda memakai processor minimal sebesar 1 GHz dan RAM 512 MB. Resolusi monitor yang diperlukan adalah 800x600 dan 1024x768, jadi gunakan monitor yang sudah bisa mengakomodasi resolusi tersebut. Koneksi Internet broadband atau minimal dengan kecepatan 128 Kbps yang digunakan untuk men-download Office 2007 dan melakukan aktivasi dari Office 2007 ini.

Beberapa komponen tambahan seperti Microsoft Internet Explorer 6.0 (dengan service pack terbaru) dan Microsoft Exchange Server 2000 atau yang terbaru diperlukan jika Anda ingin menggunakan Microsoft Outlook 2007. Untuk bisa menggunakan Microsoft Outlook 2007 with Business Contact Manager, sebelumnya Anda harus menginstal Microsoft Outlook 2007 terlebih dahulu.

Beberapa Fitur dan Fungsi Terbaru Office 2007- User Interface (UI)Perubahan yang sangat mencolok terlihat pada aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint, karena aplikasi-aplikasi tersebut yang memang paling sering digunakan dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Beberapa Interface yang diubah seperti tombol-tombol menu yang diubah menjadi sedemikian rupa, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih teratur dan menjadi lebih mudah penggunaannya.

Sebagai contoh, pada menu Home (yang tadinya Write pada beta 1) terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Seperti yang sudah Anda ketahui pilihan-pilihan tersebut pada Office 2003 berbentuk drop down dan hanya berupa teks saja, sehingga Anda harus mencoba satu per satu untuk menentukan setting-an yang tepat. Berbeda dengan Office 2007, pilihan-pilihan tersebut berbentuk horizontal dan menggabungkan perpaduan antara teks dan icon sehingga memudahkan Anda untuk memilih setting yang disukai tanpa harus mencoba satu per satu.

Selain tombol-tombol menu yang berubah drastis, pilihan menu File yang tadinya terletak sejajar dengan menu-menu yang lain pada Office 2003, kali ini menu file tersebut berubah menjadi sebuah icon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas yang di dalamnya terdapat pilihan-pilihan seperti New, Open, Convert, Save, Save As, dan masih banyak lagi.

Jika ingin mengatur option dari aplikasi Word, Excel, ataupun PowerPoint, Anda cukup meng-klik tombol lingkaran (menu file) tersebut, kemudian lihat ke kanan bawah dan klik tombol Word Option pada aplikasi Microsoft Word, Excel Option pada aplikasi Microsoft Excel dan PowerPoint Option untuk aplikasi Microsoft PowerPoint, tergantung pada aplikasi mana yang ingin Anda atur option-nya.

Fungsi dari User Assistance yang biasanya berbentuk tokoh kartun sudah dihilangkan dari Office 2007, karena memang harus diakui fungsi tersebut terkadang lebih banyak mengganggu daripada membantu. Sebagai gantinya pada Office 2007 ditambahkan Help System yang sudah disempurnakan. Salah satunya adalah fungsi dari Super Tooltips, di mana ketika kursor mouse Anda menyentuh tombol icon dari menu Office 2007 maka secara otomatis Super Tooltips akan memberitahukan apa fungsi dari tombol tersebut, dalam bahasa Inggris tentunya.

- SmartArtSatu hal yang sangat menarik bagi kami adalah ditambahkannya tools oleh Microsoft dalam Office 2007 ini. Tools tersebut terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration yang diberi nama SmartArt.

Pada Office 2007 versi beta 1 tools ini masih diberi nama IGX Graphic. SmartArt adalah sebuah tools yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D langsung di dalam pekerjaan Anda tersebut dalam bentuk Word, Excel maupun PowerPoint tanpa harus belajar ilmu desain grafi s yang cukup kompleks.

SmartArt menyediakan sampai 80 macam template graphic yang berbeda. Dan dijamin dengan menggunakan SmartArt hasil yang akan Anda peroleh tidak akan kalah dengan teman Anda yang sudah ahli memakai aplikasi desain grafis.

- Fungsi dan Fitur Tambahan untuk Excel dan PowerPointUntuk aplikasi Excel, penambahan yang perlu digarisbawahi adalah pilihan dari bermacam-macam chart yang ada di dalam menu insert. Terdapat pilihan chart seperti Column, Line, Pie, Bar, Area, XY (Scatter) dan beberapa chart tambahan. Keistimewaan dari chart-chart tersebut adalah selain lebih lengkap dengan pilihan yang bervariasi, pilihan tampilan chart yang disertakan berbentuk 2D dan 3D.

Sedangkan pada aplikasi PowerPoint, pilihan tambahan yang disertakan adalah Photo Album yang bisa Anda temukan pada menu Insert dan grup pilihan Illustration. Dengan pilihan Photo Album ini, Anda bisa membuat slide dengan tampilan album foto-foto kesayangan Anda.

- Format FileApakah Anda bisa menebak salah satu format file paling penting dari sebuah office suite yang selalu dilupakan oleh Microsoft Office? Ya, Anda benar sekali. Kompabilitas terhadap dokumen dengan format PDF selalu dilupakan oleh Microsoft pada produk Office versi terdahulunya, baik versi 2000, XP, maupun 2003. Padahal dokumen dengan format PDF sudah menjadi salah satu standar dokumen di samping .doc, .xls, dan .ppt tentunya.

Pada Microsoft Office 2007 kali ini, Microsoft sudah menyertakan fitur untuk bisa langsung menyimpan dokumen ke dalam format PDF. Untuk bisa menggunakannya cukup pilih menu file (lingkaran) dan kemudian pilih Save As PDF or XPS. Tentukan nama file dan tempat Anda ingin menyimpan dokumen tersebut, dan dalam sekejap akan terbentuk dokumen dengan format PDF yang Anda inginkan. Uniknya dari fitur tersebut juga tersedia pada aplikasi Excel dan PowerPoint, sehingga dokumen-dokumen yang mengandung chart (untuk excel) dan slide (untuk PowerPoint) dengan mudah bisa Anda save dalam format PDF.

Microsoft juga mengubah format file standar dari Office Suite mereka menjadi berformat OpenXML. Hal tersebut cukup untuk menjawab tuntutan dari komunitas open source supaya Microsoft Office berganti format file, meskipun format .ODT belum didukung pada versi beta 2 kali ini. Format file office yang tadinya adalah .DOC, .XLS, .PPT akan diganti dengan .DOCX, .XLSX, dan .PPTX.

Keuntungan dari format XML ini antara lain adalah file yang nantinya akan dihasilkan tidak akan memakan jumlah byte yang besar karena format XML sudah terintegrasi dengan ZIP container. Maksudnya adalah ketika Anda hendak menyimpan dokumen Anda (save), maka secara otomatis dokumen tersebut akan di-convert sedemikian rupa, sehingga space penyimpanan yang diperlukan akan berkurang hingga 75% jika dibandingkan dengan dokumen yang berformat lain.

Microsoft Excel- Tambahan Fungsi untuk Conditional FormattingMicrosoft Excel 2007 menawarkan beberapa fungsi baru untuk conditional formatting yang bisa digunakan untuk mengetahui angka-angka yang sudah ditentukan dalam bentuk visual. Contohnya: jika ada angka 10, 20, dan 30; maka angka 10 akan diberi warna merah, angka 20 diberi warna kuning, dan angka 30 diberi angka hijau karena merupakan nilai yang tertinggi.

Perlu diketahui fungsi-fungsi tersebut akan secara otomatis menampilkan bentuk visual dari angka yang Anda inginkan tersebut sesuai dengan setting-an atau formula yang sudah ditentukan sebelumnya. Fungsi-fungsi baru tersebut terbagai menjadi tiga, yaitu Data Bars, Color Scales, dan Icon Sets.

Data Bars berfungsi untuk menampilkan warna gradient dari angka-angka yang ada di dalam sebuah grup. Data Bars tersebut akan terletak di belakang dari angka-angka tersebut atau dengan kata lain menjadi background dari angka-angka yang dimaksud.Color Scales berfungsi untuk menampilkan visualisasi berupa warna background dari angka-angka yang berada dalam satu grup sesuai dengan nilainya secara otomatis.

Icon Sets berfungsi untuk menampilkan visualisasi berupa icon yang mewakili angka-angka yang berada di dalam sebuah grup. Contohnya: jika suatu formula tidak terpenuhi, maka Anda bisa menampilkannya dengan icon silang. Di mana Anda bisa menentukan formula atau kriteria tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

- Fungsi Undo yang Lebih PowerfulPada Microsoft Excel 2007, Microsoft menghadirkan fungsi untuk melakukan Undo jauh lebih bagus dibandingkan versi terdahulunya. Pada Excel versi 2003, fungsi Undo hanya bisa digunakan sebanyak 16 langkah saja, itupun jika worksheet yang Anda ingin Undo sudah terlanjur disimpan maka fungsi Undo tersebut tidak bisa digunakan lagi. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan Excel 2007. Pada Excel 2007, fungsi Undo yang bisa Anda gunakan adalah 100 langkah maksimal dan jika Anda sudah terlanjur menyimpan worksheet tersebut, fungsi Undo akan tetap bisa digunakan.

Meskipun terlihat sangat sepele, namun fungsi Undo sangat diperlukan di dalam Excel. Apalagi jika excel tersebut digunakan untuk membuat laporan keuangan perusahaan yang sangat vital dan harus tanpa satu kesalahan sedikitpun. Bayangkan bagaimana jika fungsi Undo tersebut tidak ada pada excel!

Microsoft OutlookKolom Terbaru pada Main Window Outlook 2007Microsoft Outlook 2007 menambahkan sebuah kolom pada main window-nya. Kolom yang tadinya hanya tiga bagian tersebut sekarang menjadi empat bagian.

Tiga kolom yang sudah ada adalah kolom e-mail, alamat dari e-mail dan isi dari e-mail yang sedang Anda buka. Kolom tambahan yang keempat adalah kolom To Do Bar, di mana kolom ini akan menampilkan kalender pada saat Outlook tersebut Anda buka yang di dalamnya akan terdapat appointment dan tasks yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Singkatnya, kolom keempat ini digunakan sebagai kolom reminder (pengingat) untuk tugas-tugas dan appointment yang sudah atau belum Anda laksanakan.

Pada kolom kedua dan ketiga default yang ditampilkan untuk membaca e-mail akan cukup mengganggu bagi sebagian orang, karena tampilannya akan melebar ke samping kanan. Jika menginginkannya, Anda bisa mengembalikan tampilan tersebut seperti Office 2003 dengan cara pilih menu “View”, kemudian pilih “Reading Pane” dan terakhir pilih “Bottom”. Secara otomatis tampilan kolom kedua dan ketiga akan berubah dari atas ke bawah, sama dengan tampilan default dari Office 2003.

Microsoft AccessMemang harus diakui, aplikasi database Microsoft Access adalah satu-satunya paket dari Microsoft Office yang dipandang sebelah mata oleh para user, tidak terkecuali penulis sendiri. Microsoft Access adalah aplikasi yang jarang digunakan, karena dianggap kalah bersaing jika dibandingkan dengan MySQL, Oracle ataupun aplikasi database open source seperti postgreSQL.

Selama 13 tahun lamanya sejak Microsoft Access resmi dipasarkan perubahan-perubahan fitur dan komponen pendukung terlihat tidak cukup memuaskan bagi para user. Begitu juga perubahan yang dilakukan pada saat versi Office XP dan Office 2003 yang cukup mengecewakan.

Namun pada versi Office 2007 kali ini, Microsoft membuat perubahan dan penambahan yang sangat signifikan dan bisa dibilang Microsoft Access yang disertakan pada Office 2007 ini sepenuhnya adalah baru. Baik dari segi interface-nya maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda mulai membuka aplikasi access ini, pertama yang akan terlihat adalah interface-nya yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya.

Pada window pertama Anda akan dihadapkan pada pilihan beberapa kategori template yang sudah tersedia, baik itu kategori template yang sudah terinstal di dalam komputer Anda maupun kategori template yang harus di-download terlebih dahulu. JikaAnda ingin memilih membuat database sendiri pilih ka tegori template “Featuring” yang di dalamnya terdapat satu buah pilihan, yaitu Blank Database.

Namun jika Anda ingin lebih mudah menggunakan aplikasi ini, maka disarankan Anda memilih kategori template yang sudah tersedia, seperti kategori template “Business” yang didalamnya terdapat template Assets, Contacts, Event, Project, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan. Kategori template yang lainnya adalah “Sample” yang di dalamnya hanya terdapat satu pilihan template, yaitu Northwind 2007.

Selain kemudahan yang ditawarkan tersebut, Access 2007 juga terintegrasi dengan Outlook 2007, sehingga jika Anda ingin mengirimkan e-mail kepada semua orang yang ada di dalam database contacts misalkan. Anda tinggal menuliskan isi dari e-mail tersebut dan secara instant seluruh contacts akan otomatis terkirim e-mail yang sudah Anda buat tersebut.

Access 2007 juga mempunyai kemampuan untuk mengimpor data yang sudah Anda buat dalam format Excel dan bukan itu saja data yang berupa text ataupun file XML dapat dengan mudah diimpor dalam bentuk database Access 2007. Karena masih merupakan versi beta 2 diharapkan untuk versi final-nya Microsoft Access 2007 tampil lebih menarikdan mempunyai fungsi serta fitur yang lebih lengkap, meskipun untuk saat ini kemampuan seperti ini sudah cukup.

KesimpulanDari review yang kami lakukan terhadap Microsoft Office 2007 beta 2, bisa ditarik kesimpulan bahwa Microsoft Office 2007 jauh lebih baik daripada Microsoft Office 2003, meskipun masih merupakan versi beta. Kami memprediksi Office 2007 versi final-nya akan menuai sukses besar. Hal ini disebabkan karena Microsoft pada produk Office 2007 kali ini menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda dibandingkan versi pendahulunya, baik itu dari segi user interface-nya, fitur, dan fungsinya maupun kemudahan dalam penggunaannya.

Namun satu hal yang perlu digarisbawahi, perubahan besar-besaran hanya dilakukan Microsoft terhadap aplikasi-aplikasi, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan Access. Untuk aplikasi-aplikasi di luar itu kebanyakan yang berubah hanyalah user interface-nya saja.
Untuk Microsoft Office 2007 versi finalnya diharapkan akan lebih banyak lagi perubahan yang dilakukan Microsoft. Bukan hanya dari segi Interface-nya, melainkan dari segi fitur dan fungsi juga bisa lebih baik lagi.

Mampukah Microsoft Office 2007 mengobati kekecewaan para user ketika memakai Office XP maupun Office 2003? Kita tunggu versifinal-nya!

Dikutip penuh dari majalah PC Media Edisi 08/2006
Penulis:Alexander Prajonggo Haryo Jularso
posted by Editya Perdana @ 09.50.00  
0 Comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di blog saya InsyaAllah yang memberi komentar di blog saya akan saya langsung balas komen di blog Anda.

<< Home
 
About Me

Name: Editya Perdana
Home:
About Me:
See my complete profile
Google Translate
Twitter

Previous Post
Database
Top 9 Komentator
Labels
Didiet Friends
My Favorites Web
Copyright© 2006-2010 Zona Teknologi by Editya
Template created by isnaini.com