:: Zona Teknologi ::

Zona Teknologi

Zona Teknologi

Blog yang berisi informasi teknologi serta informasi tentang diriku

 
IP Address

Shoutbox
Counter
Page Rank
Blog Directory
Powered by  MyPagerank.Net TopOfBlogs
Calendar
td>
Recent Comment
Update Offline Antivirus
Banner
Hati-Hati Memilih Tempat Servise HP
Selasa, November 21, 2006

Ketika HP anda tiba-tiba mati total, tentu anda akan menservisnya, diantara sekian pemilik ponsel banyal pemilik ponsel lebih memilih menservis HP nya ke tempat servis biasa daripada ketempat servis resmi ( bagi yang garansi HP nya sudah habis ) .Alasannya cuma satu, apalagi kalo bukan biayanya yang lebih murah dari pada di tempat resmi yang lumayan mahal. Tetapi kalau setiap selesai diservis penyakit ponsel anda masih kumat, terpaksa deh anda kembali ketempat servis tadi. Kalo sudah begini kebayang dong biayanya.


Menurut pengalaman saya anda harus lebih berhati-hati dalam memilih tempat servis yang tersebar di jalan-jalan atau mal, banyak teman saya yang servis di sembarang tempat bukannya malah tambah sembuh tu ponsel malahan tambah rusak. Hati-hati memilih tempat servis karena ada tempat servis yang sengaja memperparah kerusakan ponsel dengan mengganti spare part anda. Kemudian dengan alasan spare part rusak, ia meminta anda untuk membayar biaya lebih untuk membeli spare part yang baru.


Untuk menghindari aksi yang merugikan ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda menservis ponsel :


1.Minta ke tukang servis untuk menunjukan serta menjelaskan kerusakan yang dialami ponsel, serta spare part mana yang harus diganti. Tanyakan berapa harga spare part-nya serta berapa lama waktu yang diperlukan untuk memperbaikannya.

2.Tanyakan berapa lama garansi ponsel berlaku setelah diperbaiki dari tempat servis tersebut, hal ini untuk menghindari kerugian uang jika ternyata ponsel belum juga beres dan anda masih harus kembali lagi.

3.Ketika meninggalkan ponsel anda di tempat servis, usahakan anda untuk memberi ciri pada ponsel.

4.Untuk mengetahui ponsel anda benar-benar telah diganti spare part-nya,mintalah spare part yang rusak sebagai buktinya.

5.Kalo bisa anda tidak usah memperbaiki di toko ponsel yang kecil, yang tidak menyediakan teknisi yang benar-benar bisa memperbaiki ponsel.

6.Jangan lupa untuk mencatat segala kerusakan serta spare part yang diganti dan harganya untuk menghindari penambahan ongkos dari harga yang telah diberikan untuk perbaikan.


Komponen Ponsel yang sering diambil oleh tukang servis dan diganti


1.Liquid Crystal Display ( LCD )

2.Badan Mesin

Badan mesin dapat diganti dengan jenis mesin ponsel yang mirip, tetapi kinerjanya lebih buruk ketimbang mesin ponsel anda.

3.Konektor Charger

4.Integrated Circuit ( IC )

Mesin ponsel HP terdiri dari beberapa IC yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda.Spare part ini berbentuk kotak hitam ini cukup mahal harganya, dan kebanyakan kalo harus membeli di toko kualitasnya belum tentu sebaik yang original

5.Speaker

Tukang servis biasanya suka mengganti speaker asli, karena speaker bawaan suaranya lebih jernih dibandingkan speaker yang dijual dipasaran.

Label:

posted by Editya Perdana @ 06.15.00  
0 Comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di blog saya InsyaAllah yang memberi komentar di blog saya akan saya langsung balas komen di blog Anda.

<< Home
 
About Me

Name: Editya Perdana
Home:
About Me:
See my complete profile
Google Translate
Twitter

Previous Post
Database
Top 9 Komentator
Labels
Didiet Friends
My Favorites Web
Copyright© 2006-2010 Zona Teknologi by Editya
Template created by isnaini.com