:: Zona Teknologi ::

Zona Teknologi

Zona Teknologi

Blog yang berisi informasi teknologi serta informasi tentang diriku

 
IP Address

Shoutbox
Counter
Page Rank
Blog Directory
Powered by  MyPagerank.Net TopOfBlogs
Calendar
td>
Recent Comment
Update Offline Antivirus
Banner
Bedanya Virus, Worm dan Trojan
Minggu, November 26, 2006
Banyak orang menyamakan kalo Worm, Trojan Horse sama dengan Virus atau istilah lain dari virus, Tetapi itu salah, yang sama cuma satu bahwa Virus, Trojan, Worm merupakan program pengacau pada sistem komputer.


Virus biasanya disertakan pada program atau file, file inilah yang membantu penyebaran virus dari komputer kekomputer dan menginfeksinya. Virus komputer ini memiliki tingkat bahaya yang beragam, yang seperti kita ketahui diantaranya virus dapat merusak software, hardware maupun data-data anda. Sungguh menyebalkankan jika komputer kita terkena virus bukan?


Hampir semua virus menyertakan dirinya pada file EXEcutable, artinya virus bisa saja sudah ada dikomputer kamu, tapi baru dapat berjalan ketika kamu menjalankan/membuka program yang sudah terinfeksi virus tersebut. Virus tidak bisa menyebar tanpa bantuan user, maksudnya virus biasanya menyebarkan dirinya lewat pertukaran file yang telah terinfeksi ataupun mengirim e mail dengan attachment emailnya yang berisi virus.


Kalo worm secara desain sama sih dengan virus. Tetapi bedanya worm ini menyebar dari komputer kekomputer lain meski tanpa bantuan user sebagai pengguna komputer. Worm memanfaatkan file atau fitur transportasi informasi sistem komputer yang memungkinkan berpindah tanpa bantuan user. Hal yang paling mengerikan dari kemampuan worm ini adalah mampu menduplikasi dirinya sendiri. Contohnya Worm mampu mengirimkan duplikasinya keseluruh user yang terdaftar pada address book e-mail sistem yang telah terinfeksi tersebut. Setelah sampai tujuan, worm kembali menduplikasi dirinya sendiri dan mengirim lagi satu kopi ke tiap user yang ada di address book komputer yang baru saja diserang dan seterusnya.


Lain lagi dengan trojan horse. Program ini tampak seperti software biasa. Setelah di instalasi atau dijalankan, program tersebut baru bisa merusak sistem. Ketika Trojan sudah aktif efek yang ditimbulkan beragam ada yang merubah tampilan desktop, icon sampai menghapus file tertentu didalam sistem komputer kamu. Trojan juga dapat membuat backdoor pada komputer yang terinfeksi yang membuat user lain memiliki akses pada komputer tersebut. Tidak seperti virus dan worm, trojan tidak memproduksi dirinya sendiri.


Agar komputermu aman, sebaiknya tidak hanya menginstal aplikasi antivirus, tapi juga pembasmi Worm dan Trojan Horse, dibawah ini merupakan software freeware yang dapat kamu download secara gratis:


  1. http://www.novatix.com
    (Novatix Cyberhawk Threat Thunder)

  2. http://www.crawler.com
    (Spyware Terminator)

  3. http://www.lavasostusa.com
    (Ad-Aware Personal Edition)



( dari berbagai sumber )

posted by editya @ 18.34.00  
0 Comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di blog saya InsyaAllah yang memberi komentar di blog saya akan saya langsung balas komen di blog Anda.

<< Home
 
About Me

Name: editya
Home:
About Me:
See my complete profile
Google Translate
Twitter

Previous Post
Database
Top 9 Komentator
Labels
Didiet Friends
My Favorites Web
Copyright© 2006-2010 Zona Teknologi by Editya
Template created by isnaini.com