:: Zona Teknologi ::

Zona Teknologi

Zona Teknologi

Blog yang berisi informasi teknologi serta informasi tentang diriku

 
IP Address

Shoutbox
Counter
Page Rank
Blog Directory
Powered by  MyPagerank.Net TopOfBlogs
Calendar
td>
Recent Comment
Update Offline Antivirus
Banner
Pertarungan Internet Explorer VS Firefox
Sabtu, Desember 16, 2006
Kalo menulis ini jadi inget kira-kira setahun yang lalu, dulu yang tak kenal web browser cuma internet explorer saja. Jadi ingat dulu waktu pergi ke warnet dekat kampus, waktu mau buka situs tak cari-cari web browser explorer, tapi dikomputer warnet sana tidak ada. Langsung saja saya komplain kenapa tidak ada web browsernya. Petugasnya bilang ada setelah dijelasin panjang lebar kalo di warnet sini tidak menggunakan internet explorer tapi memakai Firefox dan Opera, setelah mendengar penjelasan dari petugas jadi malu sendiri. Gara-gara kejadian itu jadi tau kalo di dunia ini web browser tidak cuma internet explorer, Kok jadi ngomongin tentang masa laluku si, ote kita masuk intinya saja.

Internet Explorer 7 ( IE7 )

Web browser yang sejatinya digunakan untuk menemani sistem windows terbaru yaitu Windows Vista, tapi pada Windows XP juga bisa digunakan dengan syarat Windows XP anda harus Windows XP service pack 2( SP2 ), Kalo masih SP1 jangan harap bisa menginstal web browser ini, terus apa si keunggulannya IE 7 terbaru ini. Pertama tentu saja tampilannya yang lebih user firendly, selain itu IE 7 menawarkan fasilitas membuka satu jendela IE tapi bisa membuka beberapa situs sekaligus lewat beberapa jendela tab (mirip dngan Firefox), untuk mempermudah IE7 juga tersedia QuickTabs, yang mana fitur ini memungkinkan anda melihat tampilan situs masing-masing tab dalam satu jendela.

Yang kedua IE7 juga menyertakan suatu remover tool untuk menghalau virus. Ketiga IE7 telah dilengkapi teknologi zoom dan clear type dimana fungsi ini mampu mer render sebuah halaman web baik itu sisi font, kedetailan serta kecerahan tampilan suatu web pada monitor maupun saat dicetak. Keempat IE7 juga menyertakan fasilitas antiphising sehingga anda akan terhindar dari prktek phishing.

Firefox 2

Sebenarnya si web browser ini hanya dikhususkan untuk linux, tetapi sekarang web browser ini mulai melebarkan sayapnya keseluruh penjuru operating sistem tidak hanya linux tetapi juga Windows, Machintos. Dan satu perbedaan yang sulit disamakan antara dua web browser ini adalah firefox gratis berbeda dengan Explorer yang tidak gratis.

Terus apa si keunggulan dari Firefox 2, selain memiliki kemampuan antiphising yang sama dengan IE7, tetapi dalam Firefox 2, fitur ini jauh lebih baik dari pada IE7. Kedua dalan sisi performa kecepatan browsing IE7 masih kalah dibandingkan Firefox 2 karena di Firefox ini memiliki fitur session restore yang mampu mencari dan mengembalikan situs tujuan kita dengan sangat cepat. Ketiga di Firefox ini kita juga bisa mengganti themes dan Firefox juga menyediakan fasilitas untuk membuat password untuk setiap situs yang dibuka, jadi situs-situs yang untuk 17 tahunan keatas bisa dikunci.

Sebenarnya masih banyak banget kelebihan-kelebihan diantara dua web browser diatas. Tapi kalo ditulis semua bakalan panjang banget, jadi garis besarnya saja. Menurut Prediksi saya suatu hari Firefox akan mengalahkan dominasi Internet Explorer 7, mengingat Firefox selain gratis,kemampuannya juga menyamai kemampuan IE7 dalam beberapa faktor.

Data Penggunaan Browser Tahun 2005 menurut Oreilly.Com

Internet Explorer: 54.66%
Firefox: 35.08%
Safari: 3.85%
Opera: 2.70%
Netscape: 1.26%

Sumber
Komputek
KomputerAktif



Label:

posted by editya @ 10.09.00  
12 Comments:
  • At 2:07 PM, Blogger pyuriko said…

    mayoritas pada pakai IE,...

    aku jg tetap pake IE,.... :D

     
  • At 3:35 PM, Anonymous Anonim said…

    Gak juga tuh lebih asik pake Firefox..karena bisa buka banyak Tab..gak kayak IE,kalo buka website harus munculin lagi IE lain.gak kayak Firefox satu jendela bisa buka beberapa situs..asikkk

     
  • At 5:29 PM, Anonymous Anonim said…

    lam kenal n tengkiu ya... sudah mampir tempatku...
    maaf baru bisa mampir sekarang... maklum sekarang terisolasi. jauh dari dunia maya..

     
  • At 10:47 AM, Blogger nashoong said…

    ada apa dengan oggix?
    bingunuuug...

     
  • At 9:51 PM, Anonymous Anonim said…

    saya masih pake ie ^^ udah dibilangi pake firefox aja, tapi blm sempat menceraikan ie. jadi sementara ya ng-ie dulu saja ^^

     
  • At 6:40 AM, Anonymous Anonim said…

    Aduh ada apa ni dengan Oggix kok malah eror uda beberapa hari ini apa aku mesti ganti shoutbox

     
  • At 10:23 AM, Anonymous Anonim said…

    huwehehehe... sejak mengenal firefox dua tahun yg lalu... sayah lebih senang menggunakannyah.. bahkan ketika tiba dikantor baru setahun yang lalu dan menemukan browser kompie yg akan menemani hari2kuw disini masih pake ie, langsung cari donlotan firefox... :))
    *cintabangetsamafirefox*

     
  • At 8:27 AM, Anonymous Anonim said…

    IE gratis ko bang, yang g gratis tu Windows-nya, untuk IE 7, waktu install ada pengecekan validitas keaslian Windows-nya, kalo windows nya asli langsung jalan, kalo g ya g bisa jalan, jadi bukannya IE 7 nya yang kudu bayar

    Salam,

    * pengguna IE 6, Firefox 2, Opera 9, Netscape 8, Konqueror *

    (kemaruk ye..hehehe.. )

     
  • At 9:25 AM, Blogger Er Maya said…

    aku biasa pakek firefox siy dit,,tapi kadang pakek IE juga kok..gonta ganti deh :)

     
  • At 2:28 PM, Anonymous Anonim said…

    Wah.. gmn tuh cara dpt in Firefox nya? jd kepengen.. abis inet ku lama.. jd kl browsing tambah lama.. hikz..

     
  • At 11:14 AM, Anonymous Anonim said…

    Untuk mas Sandy
    Iya maksud saya si Windows nya harus Asli..coba aja lihat orang indonesia sekarang..pake Windows XP asli sulit mas..rata2 bajakan semua..makasih sarannya mas iya nih ada salah penulisan..terburu2 mau kuliah

     
  • At 11:14 AM, Anonymous Anonim said…

    yg gw suka dari firefox, itu pluginsnya yg namanya NOSCRIPT. bener2 sadis itu.. kalo noscriptnya idup, bisa dibilang 90% spamware, dll pasti ga masuk. karena dia langsung avoid browser untuk jalanin script2, mulai dari javascript, flash, dll.. jadi bener2 bikin hati tenang nyaman dan nikmat kalo browse..


    *maap numpang comment.. :P

     

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di blog saya InsyaAllah yang memberi komentar di blog saya akan saya langsung balas komen di blog Anda.

<< Home
 
About Me

Name: editya
Home:
About Me:
See my complete profile
Google Translate
Twitter

Previous Post
Database
Top 9 Komentator
Labels
Didiet Friends
My Favorites Web
Copyright© 2006-2010 Zona Teknologi by Editya
Template created by isnaini.com