:: Zona Teknologi ::

Zona Teknologi

Zona Teknologi

Blog yang berisi informasi teknologi serta informasi tentang diriku

 
IP Address

Shoutbox
Counter
Page Rank
Blog Directory
Powered by  MyPagerank.Net TopOfBlogs
Calendar
td>
Recent Comment
Update Offline Antivirus
Banner
Mengenal Format Audio Digital
Jumat, Januari 05, 2007

Tahukah anda, mengapa sistem operasi Linux distro (varian) Fedora Core dan Redhat tidak mendukung format MP3 pada aplikasi pemutar audionya? Ternyata untuk menghormati hak paten pemutar MP3 yang dimiliki oleh Universitas Fraunhofer. Sebagai gantinya diperkenalkan format Ogg Vorbis yang bebas tanpa hak paten. Selain Ogg Vorbis ada juga format FLAC yang juga bebas dan tanpa hak paten.


Berbagai format audio diperkenalkan oleh berbagai sistem operasi komputer. Sebagai contoh AAC (Advance Audio Coding)dan AIFF (Audio Interchange File Format) yang dikeluarkan oleh Apple-Macintosh. Format AIFF ini merupakan pengembangan dari format RIFF (Resource Interchange File Format)yang dikeluarkan oleh IBM dan Microsoft. Format RIFF merupakan cloning dari format IFF yang dibuat oleh Electronic Art.


Format AU merupakan format audio yang diperkenalkan Sun Microsystems dan didukung oleh sistem UNIX. Sedangkan di industri musik dikenal dengan format MIDI (Musical Instrument Digital Interface) yang berkemampuan mengontrol perangkat keras seperti synthesizer dan kartu suara komputer.


Format WAV (WAVE) dan WMA (Windows Media Audio) dikeluarkan oleh pihak Microsoft . Format WAV menjadi standar data audio pada semua aplikasi berbasis sistem operasi Windows. Format WAV ini tercipta melalui kerjasama Microsoft dan IBM, dan saat ini sudah diperkenalkan penggantinya yaitu format BWF (Broadcast Wave Format).


Sumber

wikepedia


posted by editya @ 06.12.00  
0 Comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di blog saya InsyaAllah yang memberi komentar di blog saya akan saya langsung balas komen di blog Anda.

<< Home
 
About Me

Name: editya
Home:
About Me:
See my complete profile
Google Translate
Twitter

Previous Post
Database
Top 9 Komentator
Labels
Didiet Friends
My Favorites Web
Copyright© 2006-2010 Zona Teknologi by Editya
Template created by isnaini.com